Rabu, 19 Februari 2020

Makanan yang ‘terlarang’ untuk bayi usia dibawah 1 tahun


Hasil gambar untuk Makanan yang Tidak Boleh Diberikan untuk MPASI Bayi

Sejak usia 6 bulan, baby sudah diperbolehkan menyantap makanan padat sebagai pendamping ASI. Tetapi bukan berarti si kecil boleh mengonsumsi semua jenis makanan ya, mom. Ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan oleh si kecil, terlebih baby di bawah usia 1 tahun. Apa saja makanannya?

Gula membuat si kecil hanya suka rasa manis.

Terlalu banyak memberikan gula bisa membuat si kecil terbiasa mengonsumsi makanan yang manis. Namun, bukan berarti bayi tidak boleh diberikan gula. Gula biasa didapatkan bayi dari sumber makanan alami, seperti buah-buahan.

Garam dapat merusak pencernaan bayi.

Jangan membiaskan baby dengan makanan yang punya rasa berlebihan, terlalu banyak berikan garam juga bisa memperberat kerja ginjal si kecil. Padahal, sebenarnya kebutuhan garam sudah didapatkan si kecil dari ASI. 

Susu sapi tidak memiliki nutrisi yang cukup.

Susu sapi alami ternyata tidak baik diberikan untuk bayi di bawah usia 1 tahun. Karena di dalamnya tidak terkandung cukup nutrisi, dan kadar protein/mineral di dalam susu sapi cukup tinggi sehingga dapat memperberat beban ginjal baby.

Madu bisa membuat bayi di bawah 1 tahun keracunan.

Di dalam madu, terdapat spora bakteri Clostridium botulinum yang bisa menyebabkan bayi keracunan jika dikonsumsi. Jika baby terserang bakteri ini maka akan muncul gejala awal, seperti konstipasi atau sembelit, disertai dengan lesu dan nafsu makan berkurang.

Sayuran atau buah yang keras dan mentah.

Tentu saja sayuran dan buah yang diberikan kepada baby dalam kondisi yang matang. Karena sayuran dan buah yang matang juga punya kondisi yang lembek sehingga mudah dikunyah oleh gigi baby yang masih sedikit.

Makanan laut bisa menimbulkan alergi.

Sebaiknya, hindari memberikan seafood atau makanan laut kepada bayi jika dia belum menginjak usia 1 tahun. Sebab pemberian seafood kepada baby punya risiko tinggi memicu alergi. 


Ingat, untuk itu momy jangan sembarangan memberikan makanan pada baby di bawah 1 tahun ya. Pastikan si kecil mendapatkan makanan yang terbaik.



Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar