Minggu, 26 Januari 2020

Tips mengatasi demam untuk ibu hamil



Ibu hamil memang mudah terserang penyakit, namun kebanyakan memilih tak meminum obat. Ini semua dilakukan karena memikirkan janin. Saat hamil, sistem kekebalan tubuh wanita bekerja dua kali lipat untuk melindungi Ibu dan janin, sehingga lebih mudah terserang penyakit. Sering kali demam disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri, dan yang tersering ialah infeksi saluran pernapasan dan infeksi saluran kemih (ISK). Selain infeksi, kekurangan cairan di dalam tubuh atau dehidrasi juga bisa menjadi penyebab demam saat hamil.

Untuk membantu mengatasi demam secara mandiri di rumah, ibu hamil dapat melakukan beberapa tips berikut:



1. Menjaga kecukupan cairan tubuh. Perbanyak minum air agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, karena demam dapat menyebabkan kehilangan cairan tubuh, sehingga bisa terjadi dehidrasi.

2. Istirahat yang cukup. Hindari aktivitas berat dan berikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat yang cukup.

3. Gunakan pakaian longgar. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu tebal  atau berlapis-lapis saat demam, karena dapat menyebabkan suhu tubuh semakin meningkat. Gunakanlah pakaian yang longgar.

4. Kompres hangat dan mandi air hangat. Mengompres kepala dan mandi menggunakan air hangat dapat membantu menurunkan demam. Mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih relaks.

5. Konsumsi makanan bergizi. Konsumsilah makanan bergizi seimbang. Perbanyak sayur dan buah, terutama yang mengandung vitamin C dan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Konsumsi obat penurun demam. Ibu hamil dapat mengonsumsi obat penurun demam golongan asetaminofen (parasetamol). Konsumsi obat sesuai dengan anjuran dosis yang disarankan. Jangan sembarangan mengonsumsi obat penurun demam lainnya seperti aspirin atau ibuprofen, karena dapat membahayakan janin.


Cara-cara di atas bisa Anda lakukan di rumah saat mengalami demam di masa kehamilan. Jika demam tidak membaik dalam hingga 36 jam, segera periksakan kondisi Anda ke dokter.

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami
 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar