Selasa, 28 Januari 2020

Kelompok Makanan Wajib untuk Balita

Untuk membuat perencanaan makan si kecil, momy pasti ingin ia mendapat semua nutrisi yang dibutuhkan dalam porsi yang cukup. Untuk itu, momy perlu memastikan menu makanan yang momy  sajikan sehari-hari sudah mengandung semua jenis makanan yang dibutuhkan anak di masa perkembangannya.

Untuk itu, inilah kelompok makanan yang perlu ada dalam menu makanan anak setiap harinya. Apa saja?

Sayuran dan buah-buahan
Sayur dan buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Penting untuk mengenalkan berbagai macam sayuran dan buah-buahan sedini mungkin pada balita. Pastikan bahwa sayur dan buah-buahan selalu menjadi bagian dari menu makan si kecil. Momy dapat rutin memberikan sayur dan buah-buahan dalam jumlah kecil agar anak momy belajar menyukai rasanyanya.

Makanan berkarbohidrat
Makanan berkarbohidrat mengandung energi, nutrisi, dan serat. Jenis makanan ini umumnya digemari oleh anak-anak, mulai dari roti ataupun sereal, kentang atau ubi, nasi, sampai pasta. Momy juga dapat memberikan makanan yang terbuat dari biji gandum utuh (wholegrain), seperti roti gandum, pasta, dan nasi merah. Tapi, tidak dianjurkan untuk mengenalkan pola makan yang hanya terdiri dari makanan yang terbuat dari biji gandum untuk anak berusia kurang dari dua tahun. Setelah berusia lebih dari dua tahun, Anda dapat mengenalkan lebih banyak makanan wholegrain lainnya secara bertahap.

Susu dan produk olahan susu
Mulai umur 1 tahun, momy dapat mengganti ASI atau susu formula dengan susu sapi segar, atau tetap melanjutkan pemberian ASI. Coba untuk mulai memberikan tiga porsi susu dalam sehari, baik sebagai minuman atau produk olahan lain, seperti keju, yogurt, atau keju segar.

Daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan sumber protein lainnya
Daging, ikan, telur, biji-bijian (contohnya kacang hijau, lentil, dan kacang polong), dan produk olahan biji (contohnya tahu, tempe, hummus) adalah sumber protein dan zat besi yang baik. Kacang-kacangan juga mengandung protein, tetapi kacang utuh, termasuk kacang tanah, tidak boleh diberikan untuk anak kurang dari dua tahun, untuk menghindari tersedak.


Itulah kelompuk makanan wajib yang perlu diberikan pada anak balita momy. Dengan memberikan makanan-makanan sehat tersebut secara rutin maka akan membantu tumbuh kembang anak agar sehat dan jauh dari berbagai penyakit.

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami
 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar