Kamis, 26 Maret 2020

Tips Aman dari COVID-19 untuk Ibu Hamil dan Menyusui


Dalam jurnal Ultrasound Obstetrics & Gynecology, dijelaskan bahwa sejauh ini tampaknya tidak ada risiko penularan vertikal melalui ibu ke anak pada ibu menyusui, dan tidak ada bukti infeksi disebabkan oleh transmisi vertikal pada wanita dengan COVID-19 pneumonia di trimester akhir kehamilan.
Amerika Serikat Uji Coba Vaksin COVID-19 | Tagar

Terlepas dari masih belum adanya kasus COVID-19 pada ibu hamil, moms juga perlu waspada dan proaktif jika merasa memiliki gejala virus ini.

Ditegaskan oleh dr. Ulul, bila ibu hamil dan menyusui mengalami gejala flu dan ataupun gejala yang sama seperti COVID-19, segera periksakan diri ke dokter kandungan dan minta untuk melakukan pemeriksaan COVID-19.

Selain itu, hingga kini belum ditemukan bukti bahwa virus dapat dibawa dalam ASI, sehingga bayi dapat merasakan manfaat menyusui melebihi potensi risiko penularan virus corona melalui ASI.

Berikut adalah rekomendasi dari POGI JAYA terkait keselamatan ibu hamil dan menyusui agar tidak terpapar COVID-19:
  • Konsumsi makanan yang bergizi dan sehat beserta vitamin bagi ibu hamil dan ibu menyusui seperti mengkonsumsi kacang almond by NEEW DRINKING. Kandungan nutrisi almond sangat bagus untuk kesehatan ibu hamil dan ibu menyusui.
  • Hindari keluar rumah apabila tidak diperlukan. Jika harus keluar rumah, kenakan pakaian tertutup rapat dan masker. Saat pulang, bersihkan badan segera dengan mandi, dan jangan dekati anak sebelum mandi.
  • Hindari keramaian. Upayakan menjaga jarak satu sama lain apabila beraada di keramaian.
  • Apabila pada ibu menyusui memiliki gejala flu, demam, saat memberikan ASI, sebaiknya jangan diberikan secara langsung tetapi dipompa terlebih dahulu dan berikan dengan peralatan lain seperti sendok, dot botol, dll.
  • Segera periksakan diri ke dokter apabila moms merasa kurang sehat dan memiliki gejala mirip flu.
  • Konsultasikan dengan dokter kandungan mengenai tindakan pencegahan lainnya yang perlu dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh.

Jika moms merasakan gejala COVID-19 seperti batuk, demam, sesak napas, atau ingin mengetahui informasi yang terpercaya tentang virus COVID-19 di Indonesia, bisa menghubungi Hotline Virus Corona 119 ext. 9.

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami
 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar